Alessandro Nesta Tegaskan Akan Segera Pensiun

Alessandro Nesta Tegaskan Akan Segera PensiunKarier Alessandro Nesta sebagai pesepakbola sudah sampai di ujung. Bek 37 tahun itu menyatakan akan segera pensiun dan akan segera memulai kehidupan baru sebagai pelatih.

Nesta saat ini masih bermain untuk klub MLS, Montreal Impact, dan segera pensiun ketika musim ini tuntas di akhir bulan. Montreal masih menyisakan satu laga di musim reguler kontra Toronto FC di pekan ke-34 26 Oktober mendatang.

Setelahnya Nesta dkk akan mengikuti semifinal Piala MLS Wilayah Timur.

Montreal adalah klub terakhir Nesta sekaligus yang ketiga dalam kariernya sebagai pesepakbola. Ia memperkuat klub asal Kanada itu sejak 2012 dan tampil 26 kali tanpa mencetak gol. Satu gelar Liga Kanada disumbangkannya musim ini.

Selama kariernya di Eropa, Nesta dikenal sebagai bek tengah tangguh dan ia memulai kariernya di Lazio, klub tempatnya belajar menimba ilmu bermain bola.

Debut di tim senior tahun 1993, Nesta sembilan tahun berseragam biru langit dengan 261 penampilan dan tiga gol, sebelum krisis keuangan klub ibukota itu membuatnya harus dijual ke AC Milan tahun 2002. Bersama Biancoceleste, Nesta punya tujuh gelar di antaranya satu Scudetto, dua Coppa Italia, dan satu Piala Winners.

Di Milan Nesta mencapai puncak kariernya dengan jadi salah satu bek terbaik dunia yang tampil lebih dari 300 kali dan membuat 10 gol. Di situ Nesta menyumbang 10 gelar termasuk dua Scudetto, dua Liga Champions, dan satu Piala Dunia Antarklub.

Sayang kariernya di Milan meredup karena hantaman cedera di dua-tiga musim terakhirnya berseragam merah-hitam.

Di level timnas, Nesta punya 78 caps dan sayangnya sebelum pensiun tahun 2006, ia belum bisa mencetak satu gol pun bersama Azzurri. Pencapaian terbaiknya adalah juara Piala Dunia 2006 meski ia cuma bermain beberapa laga.

“Kini aku ingin mencoba menjadi pelatih. Aku sepertinya akan beristirahat beberapa bulan sebelum memulai belajar,” ujar Nesta seperti dikutip Football Italia.