Ancelotti Siapkan Casillas Untuk Piala Super Eropa

Iker Casillas memang seAncelotti Siapkan Casillas Untuk Piala Super Eropadang dikritik keras terkait performanya yang menurun tahun ini. Namun Casillas tetaplah Casillas, sang pembawa keberuntungan untuk Real Madrid jika tampil di laga final.

Casillas musim lalu memang berhasil membawa Madrid menjuarai Liga Champions dan Copa del Rey, yang merupakan tugasnya sebagai kiper khusus kompetisi piala. Namun ia juga dikritik karena serangkaian blunder yang dilakukannya terutama di laga final Liga Champions.

Tak sampai di situ saja, Casillas jadi bulan-bulanan media ketika ia dianggap tampil sangat buruk di Piala Dunia kala Spanyol kalah 1-5 dari Belanda serta 0-2 dari Chile. Di partai ketiga melawan Australia, posisinya digantikan Pepe Reina dan sayangnya La Furia Roja sudah kadung tersingkir meski menang 3-0.

Perdebatan mengenai masih pantas atau tidaknya Casillas mengawal gawang Los Blancos kembali muncul seiring musim baru yang akan dimulai. Carlo Ancelotti kembali dibuat “pusing” oleh media oleh pertanyaan seputar itu.

Apalagi Madrid baru saja mendatangkan Keylor Navas, kiper Kosta Rika yang tampil cemerlang di Piala Dunia lalu. Tekanan untuk Casillas pun kian besar saja dan ada peluang pesepakbola 32 tahun itu kehilangan posisinya sebagai kiper nomor satu.

Namun untuk laga Piala Super Eropa kontra Sevilla dinihari WIB nanti di Cardiff City Stadium, Ancelotti sudah memastikan Casillas yang akan berdiri di bawah mistar bukan Navas.

Ancelotti mungkin tahu bahwa Casillas seperti ‘jimat’ untuk Madrid jika bermain di laga-laga final baik bersama klub. Seperti dicatat Marca, Casillas memenangi tujuh dari sembilan final yang dimainkannya

Hanya ada dua final di mana Casillas gagal mengangkat trofi sejak bergabung dengan Madrid, yakni di tahun 2000 saat kalah 1-2 dari Galatasaray di final Piala Super Eropa serta dari Boca Juniors di Piala Interkontinental dengan skor yang sama.

Final-final Casillas bersama Madrid

Liga Champions 1999/2000: Menang 3-0 atas Valencia
Liga Champions 2001/2002: Menang 2-1 atas Bayer Leverkusen
Liga Champions 2013/2014: Menang 4-1 atas Atletico Madrid

Piala Super Eropa 2000: Kalah 1-2 dari Galatasaray
Piala Super Eropa 2002: Menang 3-1 atas Feyenoord

Piala Interkontinental 2000: Kalah 1-2 dari Boca Juniors
PIala Interkontinental 2002: Menang 2-0 atas Olimpia

Copa del Rey 2011/2012: Menang 1-0 atas Barcelona
Copal del Rey 2013/2014: Menang 2-1 atas Barcelona