Arsenal Belum Pantas Disebut Sebagai Kandidat Juara

Arsenal Belum Pantas Disebut Sebagai Kandidat JuaraBerada di pucuk klasemen, Arsenal tetap dinilai belum pantas menyandang status penantang gelar. Berbeda halnya dengan Manchester City.

Arsenal memulai Liga Primer Inggris musim ini dengan kekalahan 1-3 saat menjamu Aston Villa. Tetapi setelah itu ‘Meriam London’ melaju positif dan mencatat empat kemenangan beruntun.

Capaian-capain itu membuat Arsenal memimpin klasemen sementara, unggul selisih gol dari Tottenham Hotspur yang sama-sama mengemas 12 angka. Tetapi kelayakan Arsenal untuk dikategorikan sebagai pengejar gelar masih disangsikan.

Penilaian itu dilontarkan oleh mantan pemain Liverpool dan timnas Inggris Jamie Carragher yang kini sudah alih profesi menjadi pengamat dan komentator. Menurutnya kemampuan ‘The Gunners’ masih perlu dibuktikan melawan tim-tim besar khususnya dalam laga tandang. Sejauh ini tim London Utara itu memang baru sekali bertemu tim papan atas, yakni dalam kemenangan 1-0 atas Tottenham Hotspur di kandang.

“Mereka bermain dengan sangat baik saat ini, mereka memuncaki klasemen, dan di sanalah pastinya Anda ingin berada,” tulis Carragher dalam kolomnya di Sky Sports.

“Hasil melawan Aston Villa sepertinya sudah lama berselang dan mereka telah melaju dengan pesat sejak saat itu. Tapi masih ada banyak pertandingan besar menanti dan mereka perlu membuktikan diri di laga-laga tersebut.”

“Jika mereka mulai mengemas kemenangan dari tim-tim besar dan mengalahkan mereka di laga tandang, itulah saat di mana saya pikir akan terlihat apakah Arsenal punya kesempatan nyata memenangi titel,” tambahnya.

Penilaian berbeda dilontarkan Carragher terhadap Manchester City yang juga baru mencatat kemenangan 4-1 atas rival sekota sekaligus juara bertahan Manchester United. Kendatipun di papan klasemen sejauh ini masih ada di bawah Arsenal, alias posisi tiga, City disebutnya sudah tampak lebih meyakinkan dalam urusan persaingan berebut gelar.

“Saya pikir mereka telah menjadi penantang utama. Sebelum derby Manchester kita berkata bahwa mereka adalah tim yang sangat bagus. Tapi performa mereka pada hari Minggu telah membawa mereka ke level di atas Arsenal,” ujarnya.