Bantai Moldova, Inggris Pimpin Grup H

Bantai Moldova, Inggris Pimpin Grup HTim nasional Inggris menang telak 4-0 atas Moldova dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia. Danny Welbeck jadi bintang dengan menyumbang dua gol. Hasil ini membawa Inggris memimpin Grup H.

Three Lions memimpin 3-0 di babak pertama melalui gol-gol Steven Gerrard pada menit ke-12, Rickie Lambert (27’), dan Welbeck (45+1’).

Welbeck lantas menggenapkan kemenangan Inggris menjadi 4-0 berkat satu lagi golnya di babak kedua, tepatnya pada menit ke-51.

Inggris pun naik ke posisi pertama Grup H dengan 15 angka. Poin mereka sebenarnya sama dengan Montenegro tapi Inggris unggul selisih gol (+22 berbanding +7).

Jalan Tiga Singa lolos ke Piala Dunia 2014 masih terjal karena di antara tiga tim teratas hanya dipisahkan satu poin. Ukraina kini memperoleh 14 angka berkat kemenangan spektakuler 9-0 atas San Marino. Inggris tak boleh dalam tiga laga sisa Grup H melawan tuan rumah Ukraina dan menjamu Montenegro serta Polandia.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
Bertanding di Stadion Wembley, Sabtu (7/9), meski hanya menghadapi Moldova yang kini berperingkat 123 dunia, Three Lions (rangking 14 dunia) tetap menurunkan skuad terbaik. Kejutan hanya pada kehadiran Rickie Lambert sebagai ujung tombak. Selebihnya merupakan pemain-pemain langganan timnas.

Inggris langsung mendapat dua peluang beruntun di menit ketiga dan keempat. Namun, sundulan dan kemudian tendangan voli Lambert masih belum membuahkan hasil.

Gol baru benar-benar tercipta di menit ke-12 melalui sang kapten Steven Gerrard. Diawali kerja sama Danny Welbeck dan Ashley Cole di sisi kiri, bola lalu diumpankan kepada Frank Lampard yang seolah-olah akan menendangnya.

Si kulit bundar justru diberikan kepada Gerrard yang tembakan kerasnya ke pojok gawang sukses menggetarkan jala Moldova yang dijaga Stanislav Namasco.

Tuan rumah lantas unggul 2-0 pada menit ke-27 setelah sepakan Lambert dari jarak dekat memanfaatkan bola rebound Theo Walcott kembali menjebol gawang Moldova. Ini menjadi gol kedua Lambert bagi Inggris dari dua laga.

Tim Tiga Singa terus memforsir serangan dan usaha mereka membuahkan hasil di injury time babak pertama tepatnya pada menit ke-45+1. Adalah Danny Welbeck yang menjadi pencetak gol ketiga Inggris.

Babak Kedua
Babak kedua baru berjalan enam menit, penonton di Stadion Wembley kembali bersorak saat Welbeck kembali masuk dalam papan skor. Tendangan cungkilnya sukses mengecoh Stanislav Namasco. Menariknya, kedua gol Welbeck berasal dari assist Lambert.

Pada menit ke-57, pemain muda Inggris Ross Barkley menjalani debutnya di timnas senior. Dia masuk menggantikan pemain muda lainnya Jack Wilshere.

Memasuki pertengahan babak kedua, tempo pertandingan melambat. Pelatih Three Lions Roy Hodgson pun tampak puas dengan skor yang ada karena Lambert yang bermain bagus di laga ini ditarik keluar digantikan James Milner.

Barkley hampir menjalani debut impian saat dirinya nyaris mencetak gol pada menit ke-75. Sayang, tendangannya masih tipis menyamping di gawang Moldova. Hingga wasit meniupkan peluit panjang, skor tetap 4-0 bagi kemenangan Inggris.