Barcelona Gagal di Puncak Klasemen La Liga Setelah Kalah dengan Skor 3-1

Barcelona Gagal di Puncak Klasemen La Liga Setelah Kalah dengan Skor 3-1Kali ini Barcelona kembali gagal merebut puncak klasemen La Liga dari tangan Real Madrid setelah dikalahkan dari tuan rumah Real Sociedad dengan skor 3-1 di Anoeta, Minggu (23/2) dinihari WIB.

Gol bunuh diri yang dilakukan oleh Alex Song sebagai gol penyeimbang 1-1 Lionel Messi di babak pertama, memberikan keunggulan untuk tuan rumah, jadi tidak berarti karena selepas turun minum La Real menambah dua gol lagi melalui Antoine Griezmann dan David Zurutuza.

Kini kekalahan Barcelona membuat Azulgrana ketinggalan tiga angka dari Real Madrid, yang bertanding lebih dahulu dan mengalahkan Elche 3-0 di Santiago Bernabeu.

Sejak tahun 2007, belum pernah kalah di kandang sendiri dari Barcelona, Real Sociedad sendiri bermain tanpa rasa gentar dan berhasil menyulitkan skuat Tata Martino memegang kendali laga.

Kalah dalam penguasaan bola, serangan-serangan yang diperlihatkan oleh La Real tampak lebih tajam dibandingkan The Catalans. Buktinya pada menit ke-22 tuan rumah bahkan berhasil menggetarkan jala Victor Valdes lewat Antoine Griezmann, tapi gol itu tidak dianggap sah karena wasit sudah telanjur meniup peluit tanda pelanggaran Sergio Busquets pada David Zurutuza.

Dari beberapa peluang yang mereka dapatkan, Sociedad akhirnya berhasil memimpin duluan tak lama usai laga melewati waktu setengah jam. Diawali dengan tendangan penjuru, Sergio Canales melepas umpan silang yang ditanduk Gorka Elustondo dan masuk ke dalam gawang usai mengenai Alex Song sehingga gol tersebut dinyatakan sebagai bunuh diri gelandag Kamerun itu.

Barcelona membalas ketertinggalan hanya berselang selama tiga menit kemudian lewat striker andalan mereka Lionel Messi. Mainan umpan-umpan pendek di depan kotak penalti Sociedad diakhiri dengan umpan Martin Montoya yang sampai ke kaki Messi setelah Sergio Busquets melakukan “dummy”. Messi pun tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dan langsung melepas tendangan yang keras ke gawang kiper Claudio Bravo.

Untuk mengembalikan keunggulan, Sociedad memperoleh kesempatan emas di akhir babak pertama, namun tendangan Carlos Vela masih melambung tinggi meskipun ia sudah berada dalam posisi yang cukup bebas.

Dibabak kedua, tak sampai sepuluh menit selepas turun istirahat, Sociedad melanjutkan permainan bagus mereka dan kembali memimpin dengan skor 2-1.

Sundulan Marc Bartra yang jatuh ke arah Vela yang bermaksud menghalau sebuah umpan panjang, ia langsung berlari cepat dan memberikan umpan silang rendah untuk dituntaskan Griezmann.

Barca hampir saja memperlihatkan respons instan lagi, tapi usaha tandukan Gerard Pique dari situasi sepak pojok gagal mendapatkan gol penyeimbang setelah ditepis Bravo.

Di menit 59, justru Barcelona ketinggalan lebih jauh setelah Zurutuza menambah gol di papan skor. Melewati dari berbagai pengawalan lini pertahanan Barca, sang gelandang serang merangsek dari belakang untuk menyambut umpan matang dari Griezmann dan menaklukkan gawang Valdes dari jarak dekat.

Perbedaan dengan dua gol, Martino langsung mengambil perubahan dengan mengeluarkan Song dan memasukkan Cesc Fabregas. Selanjutnya Alexis Sanchez juga dimasukkan untuk menggantikan Montoya.

Dari berbagai usaha yang dilakukan oleh pemain Barcelona, tapi tetap saja tidak membawakan hasil untuk menyamakan kedudukan. Hampir saja Barca kebobolan gol keempat mereka di sepuluh menit terakhir, untung saja tendangan penyerang Meksiko itu kandas oleh tiang gawang. Skor akhir 3-1 untuk tuan rumah akhirnya bertahan hingga bubar.