Bintang Superbike ‘Eugene Laverty’ Siap Jajal Grand Prix MotoGP

Bintang Superbike 'Eugene Laverty' Siap Jajal Grand Prix MotoGPBintang Superbike asal Irlandia, Eugene Laverty memutuskan untuk meninggalkan ajang yang sudah dia geluti dalam empat tahun terakhir. Musim depan dia akan kembali ke seri Grand Prix dengan berlaga di kelas MotoGP.

Belum ada pernyataan resmi soal tim mana yang akan diperkuat Laverty. Namun rider 28 tahun itu sudah mengucap salam perpisahan pada Crescent Suzuki dan World Superbike.

“Saya berterima kasih pada semua orang di Voltcom Crescent Suzuki atas semua upaya mereka di musim ini. Mereka telah bekerja dengan luar biasa sebagai sebuah tim dan kami berbagi hasrat yang sama untuk menang,” ucap Laverty.

Laverty sudah empat tahun terakhir turun di ajang Superbike. Dalam kurun tersebut dia membela tiga tim berbeda yakni Yamaha, Aprilia dan Suzuki. Prestasi terbaiknya di Superbike adalah posisi dua klasemen pada musim 2013. Sementara saat ini dia duduk di posisi lima klasemen, dengan musim tinggal menyisakan dua seri lagi. Total selama berlaga di Superbike dia berhasil meraih 13 kemenangan.

Terjun di ajang MotoGP bukan sepenuhnya hal yang baru buat pebalap 28 tahun itu. Setidaknya di sudah beberapa musim berpartisipasi di ajang Grand Prix, meski untuk kelas 125 cc dan 250 cc. Pada periode 2004, 2007 dan 2008 turun di dua kelas tersebut Laverty tidak pernah benar-benar berprestasi, hasil terbaik yang dia raih adalah finis di posisi 13 pada balapan di China dan Italia.

Beberapa tim yang dikaitkan dengan Laverty di antaranya adalah Aspar, Pramac dan Forward. Laverty sendiri cenderung memilih menunggangi motor bermesin Honda.

“Untuk gaya membalap saya, saya selalu mengatakan kalau saya menyukai mengendarai Honda, tapi saya tidak berpikir kalau akan ada tempat tersedia,” sahutnya seperti diberitakan Crash.