Dalam Ajang Formula Masters, Darma & Senna Mewakili Indonesia

Dalam Ajang Formula Masters, Darma & Senna Mewakili IndonesiaPada kejuaraan Formula Masters China Series 2014, ada dua nama yang mewakili Indonesia dalam mengikuti ajang tersebut.

Mereka adalah Darma Mangkuluhur Hutomo dan Yosua Senna Irawan yang telah tergabung di Humpuss Junior Racing Team.

Pembalap muda ini yang diketahui telah bermain di dunia balap gokart itu akan turun di enam seri yang sudah mendapatkan jadwal dan akan dimulai di Zhuhai International Circuit, Tiongkok, 9-11 Mei.

“Mereka akan turun di semua seri yang dipertandingkan. Yang jelas semua persiapan sudah kami lakukan. Untuk Formula Masters ini akan berlangsung enam lap dan satu seri ada tiga perlombaan,” kata manajer Humpuss Junior Racing Team, Stanley Iriawan di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, dua pebalap andalan yang dimiliki saat ini dinilai memiliki kemampuan yang pantas dibanggakan. Selama turun di gokart, banyak prestasi yang telah didapat.

Pada Formula Masters China Series 2014 seri pertama, Darma dan Senna akan bersaing dengan 17 pebalap dari beberapa negara di dunia. Melihat kemampuan yang dimiliki, Stanley optimistis kedua pebalapnya mampu memberikan yang terbaik.

“Kami sudah siap turun. Kami yakin perlombaan akan ketat. Demi menunjang balapan saya terus mempelajari data-data baik kendaraan maupun karakter lintasan,” kata Senna Iriawan di sela peluncuran Humpuss Junior Racing Team.

Meski tidak hadir dalam peluncuran tim, Darma Mangkuluhur Hutomo melalui sang ayah Hutomo Mandala Putra mengaku sudah siap. Berdasarkan hasil kejuaraan sebelumnya, Darma, pebalap muda yang saat ini tinggal di Singapura itu siap menunjukkan kemampuan terbaiknya.

“Darma tidak bisa ke sini karena harus mengikuti ujian kenaikan kelas. Tapi, untuk menghadapi kejuaraan ini dia sudah siap. Kami siap memberikan dukungan penuh kepada kedua pebalap ini,” kata pria yang akrab dipanggil Tommy, pemilik Grup Humpuss.

Menurut Tommy, pada kejuaraan yang levelnya hampir sama dengan F3 itu, pihaknya menargetkan tim Indonesia masuk lima besar pada tahun pertama ini. Jika target itu tercapai pihaknya akan memberikan kesempatan kepada dua pebalap ini untuk bertarung di F3 Eropa.

“Tahun pertama adalah untuk mencari pengalaman. Harapan saya tahun depan sudah bisa masuk F3 Eropa. Intinya mereka harus mampu masuk lima besar dulu,” kata Tommy.

Sementara itu, selain dihadiri Hutomo Mandala Putra pemilik Grup Humpuss, peluncuran Humpuss Junior Racing Team juga dihadiri Menpora Roy Suryo, Ketua Umum PP IMI Nanan Sukarna, serta pihak sponsor.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini. Inilah kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan kemampuan terbaik dan mengibarkan bendera Merah Putih di luar negeri,” kata Menpora Roy Suryo.

Setelah menjalani seri pertama di Zhuhai International Circuit, Tiongkok, 9-11 Mei, Darma dan Senna akan melanjutkan ke seri berikutnya yaitu Shanghai International Circuit pada 23-25 Mei, Inje Auto Theme Park, Korea, pada Juli, Sirkuit Sepang Malaysia pada Agustus, dan dua seri berikutnya kembali ke Zhuhai dan Shanghai Tiongkok.