Dovizioso : Ganti Motor, Ganti Juga Gaya Berkendara

Dovizioso : Ganti Motor, Ganti Juga Gaya BerkendaraAndrea Dovizioso akan mengendarai motor Yamaha di musim 2012, setelah sebelumnya melaju di atas motor Honda. Dengan kedua motor punya karakteristik berbeda, Dovizioso pun bersiap mengubah gaya berkendara.

Selama ini Doviziso lebih akrab menggeber motor Honda di lintasan balap, termasuk musim lalu ketika menjadi satu dari tiga pebalap Repsol Honda.

Gagal mengamankan kursi di tim tersebut, musim ini Dovizioso akan membalap untuk tim Monster Yamaha Tech 3. Otomatis ia pun bakal menjalani pengalaman baru di atas motor Yamaha.

“Ada perbedaan besar antara Honda dan Yamaha. Mereka punya karakteristik yang sangat berbeda,” nilai Dovizioso kepada MCN.

Hal itulah yang kini menjadi fokus Dovizioso. Dalam proses adapatasi, rider Italia yang jadi kampiun 125cc tahun 2004 itu pun akan menggunakan sesi tes pra-musim di Sepang pada 28 Februari-1 Maret depan untuk membiasakan diri dengan tunggangan baru.

“Aku harus berusaha dan bekerja keras dalam aspek yang jadi keunggulan Yamaha seperti di sektor pengereman, ketika masuk tikungan dan di bagian tengah tikungan. Dan aku harus melakukan banyak perubahan karena selama empat tahun aku sudah bersama Honda di MotoGP dan hanya ada satu cara mengendarai motor itu,” ujarnya.

Perubahan gaya berkendara ini jelas membutuhkan kerja keras menyeluruh. Usaha itu pun memang paling tepat dilakukan dalam tes kali ini sehingga Dovizioso sudah lebih bisa tampil nyetel dengan Yamaha di tes terakhir pra-musim di Jerez pada 23-25 Maret depan.

“Di Honda Anda harus memotong lintasan dan berusaha segera mengangkat motornya secepat mungkin. Itu cara tercepat melaju dengan motor itu, tapi ini tak bisa diterapkan dengan Yamaha.”

“Dengan Yamaha Anda bisa mengerem dengan telat, menggeber dengan kecepatan tinggi di pertengahan tikungan, jadi aku harus mengubah segalanya. Aku harus mengubah caraku menggunakan kendali traksi dan semua itu, tapi aku senang dengan pekerjaan kami di Sepang (pada tes awal Februari),” beber pebalap yang akrab disapa Dovi itu.