Emmanuel Adebayor Pembawa Harapan Spurs ke Liga Champions

Emmanuel Adebayor Pembawa Harapan Spurs ke Liga ChampionsSempat macet dalam dua pertandingan terakhir, mesin gol Emmanuel Adebayor kembali menyalak. Kali ini apa yang dilakukan bomber timnas Togo tersebut sangat krusial. Ia menjadi pahlawan saat timnya merengkuh tiga poin dari Everton, pada partai lanjutan Premier League di Stadion White Hart Lane kemarin.

Gol di menit ke-65 tersebut membuat Totenham Hotspur nangkring di posisi ke lima klasemen sementara Premiership. Kini mereka tertinggal tiga poin dari batas Liga Champion yang diisi Liverpool.

Gol keenam sepanjang musim ini, sekaligus membuat Adebayor semakin mendapat temapat di hati para penggila The Spurs, terutama sang Manager, Tim Sherwood. Maklum penampilan gemilang Adebayor di depan Everton membuat mereka mampumenumpas tabu yang selama ini sulit dipoecahkan. Pasalnya, dalam empat pertemuan sebelumnya, kubu Londonners gagal meraih kemenangan.

Adebayor menunjukkan seorang ksatria dan striker yang tahu dengan tepat apa yang harus dikerjakan di depan  gawang lawan. Tak ada titik lain yang paling menyenangkan, kecuali melihatnya mencetak gol lagi. Saya yakin fans pasti sudah menunggu apa yang seharusnya dipersembahkan di lapangan, tutur Sherwood, di Daily Mail.

Proses gol ke gawang The Toffees juga mencerminkan kwalitas penyelesaian seorang Adebayor. Dengan cepat, Kyle Walker mengeksekusi free-kick dan memberi sodoran matang kepada Adebayor. Tanpa ampun Adebayor melancarkan tembakan kaki kiri ketiang dekat dan gagal dihalau kiper tim tamu, Tim Howard.

Kemengan itu disambut sembrigah Tim Sherwood Suksesor Andres-Villas Boas itu memuji tiga pemain yang menurutnya bermain sangat baik pada laga tersebut. Ialah Hugo Lioris, Kyle Walker, dan pencetak gol tunggal Emmanuel Adebayor yang menjadi titik perhatian Sherwood. Selain itu, manager 45 tahun itu pun puas dengan kemenangan ini.

Ini adalah kemenangan penting. saya sangat puas dengan hasil pertandingan, papar Sherwood seusai pertandingan. Lebih jauh, dia juga mengomentari penyelamatan Lioris yang menggagalkan usaha Leon Usman.

Dua pemain lain, Walker yang menjadi kreator dan Adebayor yang mencetak gol pun dapat pujian darinya. Kyle bermain bagus, Adebayor menerima passingnya dan memasukkan bola ke gawang. Itulah yang kami harapkan dari dia, kata Sherwood.

Mantan gelandang tersebut mengungkapkan, performa Adebayor yang makin menawan, memberinya rasa optimisme tinggi untuk meloloskan arnmada besutannya ke jenjang liga Champion musim depan.

Keberadaan pemain seperti Adebayor, membuat segalanya lebih flegsibel. ini momentum yang tak boleh terlewatkan begitu saja. paling tidak, Adebayor sudah menunjukkan kepantasan untuk selalu berada di jajaran starter.

Performa hebat Adebayor bersama Hotspur, membuat mantan manager Totenham Hotspur, Harry Redknapp, yakin kalau bekas klub asuhannya itu dapat mengakhiri musim dengan berada di atas rival sekota, Arsenal.

Penampilan Adebayor adalah kunci. Apalagi ini adalah modal yang membuat mereka terus merangsek ke papan atas, tegas Redknapp di Daily Mail. Terlebih pada periode Februari dan Maret Arsenal akan menjalani rangkaian jadwal yang berat.