Federer Mundur, Novak Djokovic Juara ATP World Tour Finals 2014

Federer Mundur, Novak Djokovic Juara ATP World Tour Finals 2014Novak Djokovic menjuarai ATP World Tour Finals 2014 tanpa perlu bertanding di final. Ia dinyatakan jadi juara menyusul keputusan Roger Federer, lawannya di partai puncak, untuk mundur.

Djokovic dan Federer sejatinya akan berhadapan di O2 Arena, Senin (17/11/2014) lepas tengah malam WIB, dalam pertemuan ke-37 di antara kedua petenis top dunia tersebut.

Akan tetapi, duel yang sudah dinanti-nanti itu urung terjadi. Federer masuk ke lapangan bukan untuk bertanding melawan Djokovic melainkan memberikan pengumuman pengunduran dirinya.

Petenis Swiss 33 tahun itu, yang sebelum ini bertarung nyaris tiga jam lawan Stanislas Wawrinka di partai semifinal, mengaku tak bugar untuk menjalani pertandingan akibat masalah pada punggungnya.

“Saya harap Anda semua memahami bahwa saya ingin memberi tahu ini secara langsung dan minta izin tidak bermain,” tutur Federer seperti dikutip Reuters.

“Saya tak bisa bersaing pada level ini dengan masalah pada punggung,” lanjutnya disambut tepuk tangan hangat dari para penonton kendatipun mereka jelas kecewa.

Presiden ATP Chris Kermode, yang berdiri di samping Federer, kemudian mengumumkan bahwa sebagai pengobat kecewa akan dilangsungkan partai eksebisi satu set antara Djokovic lawan Andy Murray.

Untuk Djokovic ini menjadi kali ketiga beruntun ia tampil menjadi kampiun di ATP World Tour Finals setelah tahun lalu ia mengalahkan Rafael Nadal dan menundukkan Federer di tahun 2012.