Finis Ketiga, Podium Pertama Bagi Rossi Di Sirkuit Silverstone

Finis Ketiga, Podium Pertama Bagi Rossi Di Sirkuit SilverstonePebalap Yamaha Valentino Rossi berhasil finis ketiga di balapan MotoGP Inggris Raya meski start dari posisi keenam. Hasil ini menandai podium pertama bagi Rossi di Sirkuit Silverstone.

Mengawali balapan dari baris kedua, Rossi sempat berganti-ganti posisi. Pada empat lap pertama, ‘The Doctor’ bersaing ketat dengan pebalap Ducati Andrea Dovizioso.

Rossi kemudian melewati kompatriotnya itu di lap kelima namun masih ditempel oleh Dani Pedrosa di belakangnya. Di pertengahan balapan Rossi, Dovizioso serta Pedrosa tercipta namun Rossi pada akhirnya menuntaskan balapan dengan jarak sekitar 8,5 detik dari si pemenang Marc Marquez.

Dikutip dari situs resmi MotoGP, balapan ini merupakan start Rossi yang ke-246 di balap premier sekaligus melewati rekor Alex Barros sebagai pebalap dengan start terbanyak di kelas tertinggi ini.

Posisi ketiga yang diraihnya itu merupakan podium pertama Rossi sejak Silverstone menggelar balapan MotoGP pada 2010. Pencapaian terbaik Rossi sebelumnya adalah finis keempat pada 2013.

“Ini adalah podium pertama di Silverstone, biasanya kami selalu kesulitan di sini,” ungkap Rossi. “Aku sangat senang dengan kecepatanku di awal balapan.”

“Jorge sempat begitu ketat menempelku dan aku bisa bertahan di awal-awal lap. Aku memiliki jarak yang sedikit saat aku di belakang Dovi dan aku terlalu menekan ban saat mencoba menyalip.”

“Aku harus mengurangi tekanan itu untuk menghemat ban. Toh kami masih bisa bertarung dengan Dani dan Andrea,” kata dia.