Gol Messi Selamatkan Barca Dari Kekalahan

Gol Messi Selamatkan Barca Dari KekalahanPertandingan di San Memes, Senin (7/11/2011) dinihari WIB, berjalan di bawah guyuran hujan gerimis. Beberapa bagian lapangan pun cukup tergenang air sehingga alur bola tak begitu lancar.

Tim tuan rumah memimpin lebih dulu lewat gol Ander Herrera. Namun, Barca bisa membalas berkat sundulan Cesc Fabregas.

Pada babak kedua, Bilbao kembali unggul setelah Gerard Pique membuat gol bunuh diri. Tapi, gol Messi pada masa injury time menyelamatkan Barca.

Hasil imbang ini membuat Barca tetap menduduki peringkat kedua klasemen sementara Liga Spanyol dengan 25 poin dari 11 laga. Selisih mereka dengan Real Madrid kini melebar menjadi tiga poin. Adapun Bilbao di peringkat kesembilan dengan 14 poin.

Jalannya pertandingan

Barca langsung mengancam pada menit ketiga. memanfaatkan umpan Xavi, Adriano melepaskan tembakan yang masih bisa digagalkan oleh kiper Gorka Iraizoz.

Terus menekan, Barca malah kebobolan lebih dulu pada menit ke-20. Umpan pendek Susaeta berhasil dituntaskan oleh Herrera dengan sepakan cantik dari dalam kotak penalti.

Dani Alves memperoleh peluang pada menit ke-23. Namun, Iraizoz masih bisa menghentikan sepakan bek asal Brasil itu.

Berselang semenit, gol penyama yang dicari Barca akhirnya tercipta. Menyambut umpan silang Eric Abidal dari sisi kiri, sundulan Fabregas bersarang telak di gawang Bilbao.

Pada babak kedua, tepatnya menit ke-60, peluang yang didapat Messi belum membuahkan gol. Sepakannya dari dalam kotak penalti masih bisa dibaca Iraizoz.

Tujuh menit kemudian, Adriano gagal memaksimalkan peluang bagus. Tembakan jarak jauhnya masih melambung.

Petaka buat Barca terjadi pada menit ke-80. Diawali sebuah tendangan sudut, Abidal bermaksud mengamankan wilayahnya, tapi bola sapuannya malah mengenai kaki Fernando Llorente. Gerard Pique mencoba membuang bola, tapi malah membelokkannya ke dalam gawang.

Bilbao kehilangan satu pemain pada menit-menit akhir. Fernando Amorebieta harus meninggalkan lapangan karena menerima kartu kuning kedua.

Saat Bilbao seperti akan menang, Barca berhasil menyamakan kedudukan pada masa injury time. Memanfaatkan kegagalan Iraizoz mengamankan bola secara sempurna, Messi menyambar bola liar dan mengirimnya ke dalam gawang.