Gol Penalti Saldado Hancurkan Kemenangan Chelsea

Gol Penalti Saldado Hancurkan Kemenangan ChelseaDalam pertandingan di Mestalla, Kamis (29/9/2011) dinihari WIB, Valencia sempat grogi pada awal babak pertama. Alhasil, mereka pun didominasi oleh tim tamu. Meski begitu, tak ada gol tercipta pada babak pertama.

Pada babak kedua, laga berjalan lebih seru. Chelsea unggul dulu lewat gol Frank Lampard.

Kemenangan The Blues yang sudah di depan mata buyar pada menit-menit akhir. Kesalahan Salomon Kalou membuat Valencia mendapatkan hadiah penalti. Soldado yang jadi eksekutor tak menyia-nyiakannya.

Hasil imbang ini tak mengubah posisi Chelsea di puncak klasemen Grup E dengan empat poin. Sementara Valencia ada di peringkat ketiga dengan dua poin.

Jalannya pertandingan

Chelsea mengancam lewat tendangan bebas Lampard pada menit ke-14. Tapi, kiper Diego Alves masih sigap mengamankan bola.

Berselang 11 menit, tim tuan rumah mendapatkan peluang emas. Diawali umpan silang Jeremy Mathieu dari sayap kiri, sontekan Pablo Hernandez cuma menerpa jala gawang Chelsea.

Peluang terakhir pada babak pertama jadi milik Valencia kala Hernandez melepaskan tembakan voli dari luar kotak penalti. Tapi, bola masih tepat mengarah ke pelukan Petr Cech.

Fernando Torres nyaris mencetak gol pada menit ke-51. Umpan silang Jose Bosingwa dari sayap kanan mampu ditanduknya dengan sempurna, tapi Alves secara luar biasa bisa menepis bola.

Dalam tempo dua menit berikutnya, Alves membuat dua penyelamatan fantastis. Pertama, saat dia menghalau sontekan Ramires dalam duel satu lawan satu. Tak lama kemudian, dia juga bisa memblok tembakan Torres dari jarak dekat.

Akhirnya, yang bisa menaklukkan Alves adalah Lampard. Pada menit ke-56, sepakannya menyambut umpan mendatar Florent Malouda menggetarkan gawang tim tuan rumah.

Valencia punya kans menyamakan kedudukan pada menit ke-71. Tapi, tembakan voli Pablo Piatti dari dalam kotak penalti bisa dimentahkan oleh Cech.

Empat menit kemudian, Cech kembali mengamankan gawang Chelsea. Kali ini, sepakan keras Sofiane Feghouli dari luar kotak penalti bisa dijinakkannya.

Malouda menyia-nyiakan peluang untuk menggandakan keunggulan Chelsea pada menit ke-78. Berdiri bebas di kotak penalti, tembakannya masih terlalu lemah.

Empat menit jelang waktu normal habis, Valencia mendapatkan hadiah penalti usai Salomon Kalou melakukan handsball di area terlarang. Roberto Soldado yang jadi algojo menjalankan tugasnya dengan sempurna.