Helm Cahaya LED Rossi Mendapat Kritik dari Para Pembalap

Helm Cahaya LED Rossi Mendapat Kritik dari Para PembalapPada musim MotoGP 2014, Valentino Rossi memberikan hal yang berbeda pada helmnya yang ia gunakan dalam membalap. Tapi helm yang dipakai yang berhiaskan cahaya LED itu di sesi latihan MotoGP Qatar pekan lalu ternyata mendapat kritik dari para rivalnya, salah satunya adalah Stefan Bradl.

Pada hari Kamis dan Jumat, Helm LED itu telah dipakai oleh Rossi, dan Stefan Bradl telah berpendapat kalau helm yang digunakan rossi sinarnya terlalu terang dan sangat bisa mengganggu konsentrasi pebalap lainnya. “Sebelumnya Vale mungkin tidak bertanya lebih dulu (pada Pengawas Balap) dan langsung memakainya,” kata Bradl kepada SpeedWeek.com. “Ketika berdekatan dengannya, cahayanya sedikit menyilaukan.”

Setelah berbagai masukan telah di terima, telah keluar peraturan buat Rossi pada hari Sabtu, kalau dirinya dilarang memakai helm LED-nya dan diminta untuk kembali memakai helm standar tanpa cahaya. “Memang ada dari beberapa pebalap yang komplain tentang helm Rosssi, jadi kami melarangnya,” kata Mike Webb, Direktur Pengawas Balap MotoGP.

Untuk rekan setim Rossi di Movistar Yamaha MotoGP, Jorge Lorenzo juga pernah memakai helm ber-LED di tempat yang sama tahun lalu. Tapi ia tidak mendapat protes dari para pebalap sebab cahaya yang dihasilkan helmnya dinilai tak terlalu terang.