Indonesia U-23 Bantai Timor Leste U-23, 7-0

Indonesia U-23 Bantai Timor Leste U-23 7-0Stadion Goyang, Incheon Korea Selatan jadi saksi pembantaian Timor Leste U-23. Sebagaimana tim nasional Indonesia U-23 berhasil melumat The Rising Sun dengan skor telak 7-0, Senin (15/9) sore WIB.

Sungguh merupakan start yang mengilap dari tim arahan Aji Santoso, di mana Ferdinand Sinaga yang dipercaya mengisi slot pemain senior menebus kepercayaan tersebut dengan menyumbang empat gol di laga ini.

Hasil ini pun jadi modal bagus untuk Garuda Muda melakoni laga kedua mereka di Grup E Asian Games 2014, melawan Maladewa 18 September mendatang.

Babak Pertama

Hanya butuh waktu lima menit untuk Indonesia merobek gawang Timor Leste. Pergerakan Bayu Gatra di sisi kanan mampu hasilkan umpan tarik kepada Ferdinand Sinaga yang leluasa tanpa kawalan, striker Persib Bandung itu pun dengan tenang menaklukkan kiper Timor, Maxanches Ramos.

Lima menit kemudian Garuda Muda kembali menjauh, lagi-lagi Ferdinand yang mencatatkan namanya di papan skor. Kombinasi Bayu dan Syakir Sulaiman mampu menciptakan bola matang untuk Ferdinand yang kembali lepas dari kawalan bek lawan dan Timor kembali terhukum. 2-0 untuk Indonesia.

Tempo permainan sendiri terbilang lamban, Timor yang dalam kondisi tetinggal tak begitu merepotkan pertahanan Indonesia, sebagaimana hanya melepaskan tembakkan spekulasi dari Diogo Rangel dan Bertoldo Do Santos.

Menit ke-27 Indonesia kembali berpeluang menambah gol, tendangan bebas dari Bayu mampu disambar oleh Victor igbonefo yang berdiri di tiang jauh, sundulan Victor pun diblok pemain Timor dan jatuh di kaki Ramdani Lestaluhu. Sayang tendangan Ramdani lemah melenceng di sisi kanan gawang lawan.

Pelan-pelan mematikan, Indonesia kembali mencetak gol di menit ke-35! Dan gol tersebut kembali dilesakkan Ferdinand setelah menerima umpan panjang dari Victor. Pemain belakang Timor yang kalah cepat dari eks Semen Padang itu tak mampu mengejar dan dengan indah Ferdinand menciptakan hat-trick-nya.

Usai unggul tiga gol tim racikan Aji Santoso makin santai memainkan bola-bola pendek. Di sisi lain tidak ada sinyal berbahaya dari Timor selaku pihak yang tertinggal. Paruh pertama pun usai dengan keunggulan tiga gol tanpa balas untuk Indonesia.

Babak Kedua

Selepas turun minum Timor coba tancap gas dengan menekan Indonesia yang sudah unggul tiga gol, Diogo Rangel yang pernah merasakan atmosfer Indonesia Super League bersama Sriwijaya FC dan Arema Cronus melepaskan tendangan keras jarak jauh di menit 49′, tapi usahanya tak hasilkan gol.

Timor mulai nampak frustrasi karena begitu sulit menciptakan peluang, Bayu dan Achmad Jufriyanto kerap jadi incaran permainan keras dari anak-anak Timor yang dihuni beberapa pemain naturalisasi Brasil.

Pesta gol Indonesia kembali dimulai sejak menit 79′ ketika pemain Timor handsball di kotak terlarang, Alfin Tuasalamony yang jadi eksekutor dengan tenang melakukan tugasnya dari titik putih. Sayangnya, wasit memberikan kartu kuning kepada pemain Persebaya Surabaya itu karena melakukan selebrasi dengan membuka baju. Meski hanya setengah.

Gol kelima diciptakan oleh pemain pengganti Novri Setiawan yang masuk menggantikan Ramdani. Pemain multi-fungsi itu mampu menerobos lini belakang Timor untuk menyambar umpan terobosan cantik dari Bayu dan mengkonversinya menjadi gol menit 82′. Kemenangan pun di depan mata.

Ferdinand Sinaga akan mendapat julukkan Ferdinand Sinagol usai laga ini, pasalnya bukan hanya trigol yang menandai debutnya di Asian Games 2014 ini. Mantan bomber Putra Samarinda mencetak gol keempatnya untuk memawa Merah-Putih memimpin 6-0!

Menit 87′, gol untuk Indonesia kembali tercipta dan pemain pengganti kembali mencatatkan namanya di papan skor. Adalah Fandi Eko Utomo yang menggantikan Syakir Sulaiman memanfaatkan bola rebound tendangan Ferdinand Sinaga. Gol Fandi itu pun jadi gol penutup di laga ini sekaligus menutup pertandingan dengan skor meyakinkan 7-0!

Susunan Pemain

Timor Leste: Maxanches; Manek, Barbosa, Rangel, Oliveira Santos, Filipe; Gusmao, Soares, Pereira Boavida; Bertoldo, Araujo.

Cadangan: Sabas Victor, Silva Martin, Cruz Maria, Pereira, Guterres Silva, Monteiro Oliveira, Monteiro, Jesus Reis, Silva Araujo.

Indonesia: Andritany; Dany, Victor, Jufriyanto, Alfin; Bayu, Ramdani, Dedi Kusnandar, Manahati, Syakir; Ferdinand.

Cadangan: Teguh, Zaenuri, Fandi Eko, Yandi Sofyan, Rasyid Bakri, Syaiful Indra, Rizky Pellu, Novri, Aldaier.