Ini Dia Preview Manchester United V Everton

Ini Dia Preview Manchester United V EvertonManajer Manchester United David Moyes akan berhadapan dengan mantan klubnya untuk kali pertama ketika Everton bertandang ke Old Trafford dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Kamis (5/12) dini hari WIB.

Moyes mengambil alih pekerjaan di Old Trafford dari Sir Alex Ferguson pada 1 Juli setelah 11 tahun menghuni Goodison Park, yang mana ia sebelumnya sukses menempatkan klub asal Merseyside tersebut sebagai tim papan tengah Liga Primer.

Pria Skotlandia itu mendapati awalan yang berat di United, dengan hanya memenangi tiga dari delapan partai pembuka di liga kasta tertinggi, namun kini tak terkalahkan di 12 pertandingan di semua kompetisi, yang kurang lebih berlangsung selama dua bulan.

Finis di luar empat besar tentu takkan bisa diterima oleh sang juara bertahan. Namun kini United hanya berjarak tiga poin dari rival sekotanya Manchester City, yang menghuni urutan ketiga.

Mereka sempat mengejar ketertinggalan sebanyak dua kali untuk kemudian menahan imbang Tottenham Hotspur 2-2 di laga pekan kemarin, dengan dua gol dicetak oleh striker Wayne Rooney.

Rooney sendiri telah mengemas 10 gol dari 16 partai terakhir buat klubnya di musim ini, dan performa apiknya membuat Moyes sedikit bernafas lega mengingat Robin van Persie masih harus menepi karena cedera jari kaki dan kunci paha.

Manajer United itu berharap untuk menang melawan Everton, dan mereka pun bertekad menampilkan respon yang cepat guna menjaga persaingan dengan pimpinan klasemen Arsenal, yang unggul sembilan poin atas The Red Devils.

“Kami harus memenangkan semua laga kami. Saya khawatir kita tidak sedekat yang kita inginkan [dengan Arsenal], namun ini adalah musim yang panjang dan mudah-mudahan kita bisa menggapai peringkat atas ataupun mendekatinya,” ujar Moyes kepada MUTV.

“Ada banyak laga yang bakal dilangsungkan. Saya pikir Liga Primer adalah kompetisi yang ketat dan kami hanya harus mencoba untuk tetap bersatu dan menempatkan diri kami di posisi yang bagus pada awal tahun baru.”

Gelandang Michael Carrick (betis) takkan bisa diturunkan untuk United, sementara Everton tanpa diperkuat Leighton Baines (jari kaki), Arouna Kone dan Darron Gibson (lutut). Absennya Baines tentu akan menjadi pukulan, namun The Toffees kini berada di performa yang bagus dan menduduki urutan kelima serta tidak terkalahkan dalam enam partai terakhir.

Mereka sempat membantai Stoke City 4-0 di laga akhir pekan kemarin dan kiper Tim Howard sukses mencatat empat clean sheets di lima partai terakhirnya.

Pemain pinjaman Chelsea Romelu Lukaku telah mencetak delapan gol dari 10 penampilannya sejak tiba di Goodison Park, dan pemuda asal Belgia itu merupakan pemain penting untuk tim arahan Roberto Martinez.

Everton juga memiliki rekor yang lumayan saat melawan United dalam beberapa tahun terakhir, dengan memenangi dua dari tujuh pertemuan dan imbang dua kali. Sementara, The Red Devils belum lagi merasakan kekalahan dari Everton dalam 20 perjumpaan, dan bahkan mampu mengemas kemenangan 2-0 musim lalu berkat gol-gol dari Ryan Giggs dan Van Persie.