Inilah Negara yang Masuk 16 Besar Piala Dunia 2014

Inilah Negara yang Lolos 16 Besar Piala Dunia 2014Pada babak penyisihan Piala Dunia 2014 telah rampung dilaksanakan Jumat dini hari (27/6/2014) WIB, tercatat sebanyak 16 tim telah memastikan diri untuk lolos ke babak 16 besar. Siapa saja mereka?

Grup A

Brasil lolos dari Grup A yang berstatus sebagai juara Grup. Tim besutan Luiz Felipe Scolari itu mengumpulkan nilai tujuh hasil dari dua kali menang (vs Kroasia, vs Kamerun) serta sekali imbang (vs Meksiko).

Meksiko mendampingi Brasil lolos ke babak 16 besar. Meski mengoleksi nilai yang sama dengan Selecao, Tricolore berstatus sebagai runner up karena mereka kalah selisih gol.

Grup B

Seperti yang diprediksi sebelumnya, Belanda dipastikan menjadi wakil Grup B ke babak 16 besar. Skuad asuhan Louis van Gaal meraih hasil sempurna dengan mengemas tiga kemenangan. Kemenangan terbesar mereka diraih dari Spanyol dengan skor 5-1.

Sempat dipandang sebelah mata, Cile akhirnya mampu membuat kejutan di fase Grup B. Mereka memastikan diri lolos dari fase penyisihan usai mengemas nilai enam hasil dari dua kali menang serta sekali kalah. Skuad asuhan Jorge Sampaoli itu mampu menyingkirkan Spanyol sebagai juara bertahan.

Grup C

Kolombia tidak mendapat kesulitan untuk memastikan diri lolos ke fase grup. Anak asuh Jose Pakerman menjadi tim kedua yang mampu mengemas poin penuh, sembilan.

Yunani secara dramatis lolos ke babak 16 besar berkat kemenangan 2-1 atas Pantai Gading berkat gol penalti Giorgios Samaras. Dengan hasil tersebut Yunani mengoleksi poin empat hasil dari sekali kalah, sekali menang dan sekali imbang.

Grup D

Tergolong sebagai grup neraka, Grup D menghadirkan sebuah kejutan dimana dua negara yang diprediksi bakal lolos ke 16 besar ternyata malah gagal seperti Inggris dan Italia.

Kosta Rika yang sebelumnya diperkirakan tidak akan mampu berbuat banyak, nyatanya mampu unjuk gigi. Tak tanggung-tanggung, mereka menyabet dua kemenangan dan satu kali imbang lawan Inggris.

Sempat kalah di laga pembuka dari Kosta Rika, Uruguay mampu bangkit di dua laga selanjutnya. Mereka menumbangkan Inggris dan Italia. Skuad asuhan Oscar Tabarez lolos sebagai runner up.

Grup E

Grup E merupakan satu-satunya grup yang meloloskan dua wakil asal Benua Eropa, Prancis dan Swiss. Prancis lolos sebagai juara grup setelah mengemas nilai tujuh hasil dari dua kali menang serta sekali imbang.

Walaupun sempat menelan kekalahan memalukan dari Prancis, Swiss akhirnya mampu mendampingi Les Bleus ke fase gugur dengan statusnya sebagai runner up hasil dari dua kali menang serta sekali kalah.

Grup F

Argentina mengikuti jejak sejumlah negara Amerika Latin lainnya yang lolos ke babak 16 besar. Skuad asuhan Alejandro Sabella berhasil menyapu bersih semua pertandingan dengan tiga kemenangan. Walhasil, Lionel Messi dkk mengoleksi nilai sempurna, sembilan.

Posisi runner up ditempati tim asal Afrika, Nigeria. Di pertandingan pamungkas memang The Super Eagles menelan kekalahan dari Tim Tango, namun hasil tersebut tidak merubah peta persaingan di Grup F. Nigeria lolos dengan koleksi nilai empat, sekali imbang, sekali menang serta sekali kalah.

Grup G

Perebutan tiket lolos ke 16 besar di grup ini harus ditentukan hingga laga terakhir. Jerman memastikan diri lolos sebagai juara grup setelah di pertandingan pamungkas mengalahkan Amerika Serikat 1-0. Der Panzer mengoleksi nilai tujuh, hasil dari dua kali menang dan sekali imbang.

Meski kalah di pertandingan terakhir, Amerika Serikat tetap dipastikan lolos mendampingi Jerman sebagai runner up. Skuad asuhan Jurgen Klinsmann tertolong berkat keunggulan selisih gol dari Portugal yang hanya mampu menang 2-1 dari Ghana.

Grup H

Belgia meraih hasil sempurna di fase grup. Tim asuhan Marc Wilmots mampu meraih tiga kemenangan beruntun. Nilai sembilan dikemas Eden Hazard dan kawan-kawan.

Aljazair mendampingi Belgia ke fase 16 besar. Tim asal Afrika itu mengoleksi nilai enam hasil dari dua kali menang dan sekali kalah.