Jadwal Formula One (F1) 2014

Jadwal Formula One (F1) 2014 Awal Formula One (F1) 2014 akan dimulai pada tanggal 16 Maret – 23 November. Jumlah seri di tahun ini tidak berubah dengan tahun lalu, dan ada dua sirkuit baru yang akan yang akan bergabung menjadi perlintasan para pebalap ternama dunia.

Dari dua sirkuit yang dimaksud di musim ini adalah Sirkuit Sochi International di Rusia dan Sirkuit Red Bull Ring di Austria. Dalam Grand Prix F1, Comeback Austria akan jadi tuan rumah untuk yang pertama kalinya sejak tahun 2003 silam.

Berikut ini adalah jadwal lengkap F1 2014:
16 Maret – GP Australia
Dimulainya F1 musim ini, Melbourne memiliki kesempatan menjadi tuan rumah untuk yang pertama kali. Para pembalap bakal adu cepat di lintasan Sirkuit Melbourne Grand Prix.  Pada musim lalu, Kimi Raikkonen berhasil keluar menjadi yang tercepat.

30 Maret – GP Malaysia
Diakhir bulan Maret, giliran Malaysia yang memiliki kesempatan menggelar F1 di Sirkuit Sepang Internasional, Kuala Lumpur. Meski diperkirakan terjadi hujan besar, namun sirkuit ini selalu menjadi salah satu lintasan yang akan dilalui para pembalap F1. Memiliki trek lurus dan panjang membuat kompetisi akan semakin ketat. Musim lalu, Sebastian Vettel berhasil menjadi yang tercepat setelah terjadi insiden dengan Mark Webber.

6 April – GP Bahrain
Venue ketiga F1 2014 adalah sirkuit Internasional Sakhir. Beberapa dari pebalab sudah melakukan ujicoba sebelum balapan dimulai. Hal itu dilakukan karena untuk lebih mengetahui sirkuit secara detil.

20 April – GP China
Masih di wilayah Asia, China menjadi tempat keempat tuan rumah GP F1. Sejak 2004, Sirkuit Shanghai memang memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi.

11 Mei – GP Spanyol
Lanjut di ranah Spanyol, tepatnya di Sirkuit Catalunya, Barcelona. Di sini gelaran F1 sudah dihelat sejak 1991. Dan pada musim lalu, Fernando Alonso keluar menjadi yang tercepat.

25 Mei – GP Monaco
Sirkuit Monte Carlo di Monaco juga akan menggelar balap F1. Pada kesempatan musim lalu, Nico Rosberg menjadi yang terbaik.

8 Juni – GP Kanada
Gelaran di Kanada ini akan tersaji di Sirkuit Gilles Villeneuve. Balapan di sini sudah populer sejak 1978. Sebastian Vettel pun keluar menjadi yang terbaik tahun lalu.

22 Juni – GP Austria
Sirkuit Red Bull Ring, Spileberg akan menggelar balap F1. Terakhir kali menggelar balapan pada 2003 dan Michael Schumacher yang menjadi juara di sana dan di tempat kedua diisi oleh Fernando Alonso.

6 Juli – GP Inggris
Sirkuit Silverstone bakal terasji di pertengahan tahun ini. Pembalap tercepat tahun lalu ialah Nico Rosberg.

20 Juli – GP Jerman
Ada kejadian yang kurang baik di Sirkuit Hockenheimring. Tepat di tahun 1968 waktu menggelar balapan F2, pembalap Inggris, Jim Clark meninggal dunia. Lalu, ada perubahan juga pada trek yang dilakukan pada 2002

27 Juli – GP Hungaria
Trek yang berbelok-belok menjadi ciri khas Sirkuit Hungaroring, Budapest. Ada juga insiden yang terjadi di sirkuit ini. Kala itu, Felipe Massa mengalami cedera pada kepalanya karena ditabrak oleh Rubens Barrichello. Balapan sendiri dimulai sejak 1986.

24 Agustus – GP Belgia
Sirkuit Spa Francorchamps meruapakan salah satu trek terpanjang di musim ini. Tak jarang juga menghadirkan balapan yang mendebarkan bagi para penonton. Di sini Kimi Raikkonen menjadi juara empat kali dan hasil itu belum mampu melewati torehan yang dicatatkan oleh Ayrton Senna (lima kali) dan Michael Schumacher (enam kali).

7 September – GP Italia
Italia tidak hanya menjajikan sepakbola yang menghibur. Akan tetapi, negeri Pizza itu juga bisa menghadirkan megahnya Sirkuit Autodromo Nazionale Monza. Pada musim lalu. Sebastian Vettel mampu menjadi yang tercepat.

21 September – Singapura
Sirkuit Marina Bay di Singapura merupakan satu-satunya sirkuit yang menggelar balapan pada malam hari. Dan lagi-lagi Vettel mampu menjawab tantangan yang ada di Marina Bay musim lalu.

5 Oktober – GP Jepang
Sirkuit Suzuka di Jepang mampu menghadirkan warna tersendiri bagi gelaran F1. Sebastian Vettel kembali menjadi yang terbaik.

12 Oktober –GP Rusia
Sirkuit Sochi Internasional di Rusia merupakan lintasan baru  pada F1 musim ini. Lintasan sendiri dibangun karena adanya olimpiade musim dingin.

2 November – GP Amerika Serikat
Sirkuit Americas di Texas mampu membuat para penontong setia F1 tumpah ruah untuk menonton langsung balapan F1. Musim lalu, Sebastian Vettel tetap menjadi yang terbaik.

9 November – GP Brasil
Brasil yang mungkin kita kenal merupakan salah satu penghasil pemain sepakbola nomor wahid dunia, ternyata memiliki sirkuit yang menggelar balapan F1 musim ini. Ya, Sirkuit Interlagos di Sao Paulo ini sudah menggelar balapan sejak 1973. Sirkuit ini juga seperti rumah sendiri bagi Senna, Barrichello dan Massa.

23 November – Abu Dhabi
Sirkuit Yas Marina Abu Dhabi merupakan lintasan pamungkas di musim ini. Sudah menggelar balapan sejak 2009, sirkuit Yas Marina memang memiliki daya tarik tersendiri.