Jerman Nyaris Raih Tiket ke Piala Dunia 2014

Jerman Nyaris Raih Tiket ke Piala Dunia 2014Jerman hampir saja berhasil mengamankan satu tiket ke Piala Dunia 2014, setelah mengandaskan Kepulauan Faroe 3-0 di Torsvollur, (11/9).

Dalam laga lanjutan babak kualifikasi grup C zona Eropa tersebut, ketiga gol die Mannschaft masing-masing diciptakan oleh Per Mertesacker, Mesut Ozil dan Thomas Muller.

Jerman sejatinya bisa mengamankan satu tiket ke Piala Dunia andai berhasil mengemas tiga poin di laga ini. Sayang di pertandingan sebelumnya, Swedia yang berada satu peringkat di bawah mereka juga sukses memenangi laga kontra Kazakhstan, dan tetap menjaga selisih lima poin.

Di pertandingan ini, striker veteran di skuat Joachim Loew, Miroslav Klose berpeluang untuk melampaui catatan top skor sepanjang masa timnas, Gerd Muller. Sayangnya sepanjang laga ia gagal menceploskan bola ke dalam gawang.

Tim tamu tampil menguasai sejak awal pertandingan, kendati Faroe tetap meladeni permainan terbuka Jerman. Dalam 10 menit pertama kedua tim sama-sama menciptakan shot on goal, namun belum mengubah skor.

Jerman akhirnya berhasil membukan keunggulan pada menit ke-22, melalui Mertesacker. Lewat situasi sepak pojok yang dieksekusi Ozil, sundulan Jerome Boateng mengarah pada Mertesacker yang tak terkawal, dan dengan mudah mengarahkan bola ke gawang kosong. 1-0 bagi tim tamu.

Usai mencetak gol, Jerman kian gencar melakukan serangan untuk menambah skor. Performa apik yang ditunjukkan bintang muda Julian Draxler membuat skuat Loew beberapa kali mengancam gawang Gunnar Nielsen.

Pun begitu dengan Klose, yang sebelum laga termotivasi mengejar catatan gol legenda Gerd Muller. Namun sampai turun minum upayanya gagal, dan kedudukan 1-0 bagi Jerman masih belum berubah.

Di babak kedua, Jerman kembali berupaya menekan sejak awal. Peluang on target kembali dicatatkan oleh Draxler pada menit ke-61. Dan petaka bagi tuan rumah datang ketika waktu memasuki menit ke-73.

Berawal dari pelanggaran Atli Gregersen kepada Muller di kotak penalti Faroe, wasit menunjuk titik putih sekaligus mengusir Gregersen keluar lapangan dengan kartu merah.

Ozil yang ditunjuk sebagai algojo berhasil menyarangkan bola ke pojok kiri gawang Faroe, dan memperbesar keunggulan Jerman menjadi 2-0 pada menit ke-74.

10 Menit kemudian, giliran Muller yang mencatatkan nama di papan skor, sekaligus membawa Jerman memperbesar kedudukan menjadi 3-0. Menerima assist dari Philipp Lahm, gelandang Bayern Munich itu sukses menjangkau bola dan sontekannya gagal dihadang Nielsen.

Hingga pertandingan usai, keunggulan tiga gol Jerman atas Faroe tidak berubah. Tambahan tiga poin membuat Jerman kokoh di puncak klasemen dengan 22 poin dari delapan laga. Sementara Faroe tak beranjak dari dasar klasemen grup C, dengan tanpa kemenangan sekalipun.

Starting line up kedua tim:
Kepulauan Faroe (4-4-2): Nielsen; Justinussen, Troest, Gregersen (kartu merah 73′), V.Davidsen; Baldvinsson, Olsen, Benjaminsen, Udsen (Mouritsen 68′); Holdts (Hansson 76′), Edmunsson (Klettskard 68′).

Jerman (4-2-3-1): Neuer; Lahm, Mertesacker, Boateng, Schmelzer; Khedira, Kroos; Muller (Sidney 84′), Ozil, Draxler (Schurrle 75′); Klose (Kruse 79′).

Statistik Kep. Faroe – Jerman

  •     Shots: 6-31
  •     Shots on goal: 3-11
  •     Penguasaan bola: 24%-76%
  •     Pelanggaran: 11-8
  •     Corner: 1-9
  •     Offside: 1-4
  •     Kartu kuning: 1-0
  •     Kartu merah: 1-0