Juara Di San Marino, Valentino Rossi Pembalap Pertama Capai 5.000 Poin

Juara Di San Marino, Valentino Rossi Pembalap Pertama Capai 5.000 PoinKemenangan di San Marino bisa berarti banyak bagi pebalap Yamaha, Valentino Rossi. Bukan cuma kemenangan pertama Rossi sejak 2013, tapi juga menorehkan rekor bagi si rider sendiri.

Start dari posisi ketiga, Rossi langsung menyalip pebalap terdepan yang juga rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Dia kemudian bertarung dengan Marc Marquez sebelum pebalap Honda itu membuat kesalahan dan jatuh.

Rossi berhasil memanfaatkan insiden dari rivalnya itu untuk finis terdepan dalam balapan, untuk memberikan kemenangan pertama bagi Yamaha di musim ini. Lorenzo menuntaskan lomba di belakangnya, diikuti Dani Pedrosa.

Dengan kemenangan ini, Rossi kini sudah membukukan 5.012 poin dalam kariernya. Pebalap Italia itu menjadi yang pertama mencapai 5.000 poin di seluruh kelas balap motor, dengan 4.070 poin dibuat hanya di kelas premier.

Rekor tersebut dicapai Rossi dalam 192 podium di semua kelas, 156 yang dibuat di MotoGP. Demikian dikutip dari situs resmi MotoGP.

“Selama akhir pekan ini kami paham bahwa Yamaha sangat kuat dan kami memiliki keuntungan kecil dari para pebalap Honda,” kata Rossi seusai balapan.

“Aku menjalani balapan yang bagus dan sempat bertarung dengan Marc dan Jorge. Aku tahu Marc ingin tetap di depan. Setelah aku tahu Marc jatuh, balapan jadi sedikit mudah seiring aku memiliki sedikit keunggulan dari Jorge. Sudah lima tahun sejak terakhir aku menang di sini, dalam balapan yang mirip pula, jadi ini seperti mesin waktu,” seru dia.