Kandidat Pemain Peraih Bidone d’Oro Seri A

Kandidat Pemain Peraih Bidone d'Oro Seri ADikutip dari Football Italia, kesepuluh nama pemain yang berada dalam daftar Bidone d’Oro beberapa di antaranya merupakan nama-nama besar. Mereka berada di sana karena sejauh ini mereka tak mampu menunjukkan penampilan terbaiknya dan justru dianggap mengecewakan.

Mereka yang masuk daftar ini adalah Amauri (Juventus/Parma), Felipe Melo (Juventus), Eduardo (Genoa), Milos Krasic (Juventus), Diego Milito (Inter), Adrian Mutu (Cesena), Santiago Silva (Fiorentina), Mauro Zarate (Lazio/Inter), Luca Toni (Juventus) dan Diego Forlan (Inter).

Meski secara umum Bidone d’Oro kerap diasosiasikan sebagai ‘penghargaan’ untuk pemain terburuk, namun faktanya ‘penghargaan’ ini juga merujuk pada pemain bintang atau pembelian mahal yang dianggap gagal. Maka tak mengherankan kalau beberapa pemain besar pernah jadi pemenangnya.

Rivaldo, Christian Vieri, Adriano, Ricardo Quaresma sampai Felipe Melo pernah memenangi Bidone d’Oro.

Pengumuman peraih Bidone d’Oro selalu dilakukan bersamaan dengan terpilihnya pemain terbaik dunia yakni FIFA Ballon d’Or. Mulai digelar sejak tahun 2003, Bidone d’Oro merupakan acara yang digagas oleh Rai Radio 2 dan dipilih berdasarkan voting pendengarnya.