Lahm Memutuskan Pensiun dari Timnas Jerman

Lahm Memutuskan Pensiun dari Timnas JermanPhilipp Lahm yang merupakan kapten Timnas Jerman, akan memutuskan bahwa dirinya akan pensiun dari dunia sepakbola internasional setelah berhasil menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil. Lahm mengaku sudah bertemu dengan pelatih Jerman, Joachim Loew, mengenai keputusannya gantung sepatu sehari setelah selesai final Piala Dunia 2014 pada 13 Juli 2014.

Full-back yang telah berusia 30 tahun ini mempunyai peran kunci dalam keberhasilan Der Panzer menjadi juara dunia yang keempat kalinya. Ini juga menjadi trofi pertama Jerman setelah terakhir kali juara pada Euro 1996 di Inggris.

“Saya sudah berbicara kepada Jogi Lew mengenai keputusan saya pensiun dari sepakbola internasional pada Senin (14 Juli 2014). Saya memikirkan tentang ini sejak akhir musim lalu. Saya senang keputusan ini datang bersamaan dengan Piala Dunia yang kami telah menangkan,” kata Lahm, seperti dilansir Sport Bild.

“Saya menelepon Presiden DFB (PSSI-nya Jerman), Wolfgang Niersbach pagi ini dan berterima kasih kepada dia dan semua orang yang bekerja di DFB dalam beberapa tahun terakhir,” kata pemain yang belakangan dimainkan sebagai gelandang bertahan ini.

Lahm melakukan debutnya saat Jerman menghadapi Kroasia pada Februari 2004. Dia sudah menjabat sebagai kapten Timnas Jerman sejak Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, di mana saat itu Der Panzer hanya melangkah sampai babak semifinal.

Total, pemain Bayern Munich ini mempunyai caps sebanyak 113 bersama Timnas Jerman. Selain membawa Jerman juara Piala Dunia 2014, Lahm juga pernah membawa Der Panzer menjadi runner up Euro 2008.