Legenda Tinju Kelas Berat Ken Norton Wafat

Legenda Tinju Kelas Berat Ken Norton WafatNorton, yang pernah mengalahkan legenda tinju dunia Muhammad Ali di tahun 70-an, wafat pada usia 70 tahun. Norton, yang kondisi kesehatannya terus memburuk akibat serangkaian serangan stroke, meninggal dunia di sebuah fasilitas perawatan di Las Vegas, Nevada, AS.

Norton pernah mengalahkan Muhammad Ali dalam pertarungan pertama mereka di San Diego, California, pada 1973. Dalam pertemuan terakhir mereka pada September 1976 di Stadion New York Yankee, Ali mampu mengalahkan Norton dalam pertarungan yang kontroversial untuk mempertahankan gelar kelas berat.

Kondisi kesehatan Ken Norton terus menurun akibat berulangkali diserang stroke. “Saya yakin dia saat ini telah berada di surga dengan para petarung sejati,” kata Gene Kilroy, mantan manajer keuangan Muhammad Ali.

Norton memulai karier tinju pada saat bertugas di Marinir AS, dan melanjutkan ke gelanggang tinju profesional setelah dia meninggalkan dunia militer pada 1967.

Dia memenangkan gelar juara kelas berat pada 1977, namun kalah pada tahun berikutnya dalam pertarungan klasik 15 ronde dengan Larry Holmes. Setelah karier tinjunya berakhir, Norton muncul di beberapa film dan menjadi komentator laga tinju.

Norton memiliki lima orang anak, salah-satunya bermain sepak bola profesional dan sekarang menjadi pelatih.