Lorenzo Kena Penalti karena Gangguan Nyamuk

Lorenzo Kena Penalti karena Gangguan NyamukNiat Jorge Lorenzo untuk merebut juara dunia dari tangan Marc Marquez sudah gagal ia wujudkan. Bahkan dalam seri kedua MotoGP yang dilaksanakana di Austin, Amerika pebalap Movistar Yamaha tersebut malah terkena penalti, dan akhirnya harus puas finis di posisi 10, Senin (14/4) dini hari WIB.

Dengan memulai start balapan dari posisi ke 5, Lorenzo terpaksa turun ke posisi terakhir di akhir lap 1. Pebalap yang sudah berumur 26 tahun itu telah diberikan penalti dan harus masuk pitstop karena telah melakukan jump start, karena menggeber motor M1 miliknya ketika lampu start masih berwarna merah. Hal tersebut sangat disesali oleh Lorenzo dan kesalahan itu disebabkan karena adanya nyamuk.

“Pada waktu sampai di grid, terdapat banyak nyamuk di dalam helm saya. Setelah itu, saya langsung melepas pelapis kaca helm, sesuatu yang tidak pernah saya lakukan sebelumnya,” ujar Lorenzo dikutip Crash.

Setelah melepas pelapis kaca helm, Lorenzo mengaku langsung kehilangan fokus. Sebelum lampu hijau menyala, juara dunia MotoGP 2010 dan 2012 itu sudah tancap gas hingga akhirnya memimpin balapan. Sayangnya, Lorenzo kemudian harus masuk pitstop di akhir lap 1 sebagai hukuman karena mencuri start.

Selain menyalahkan nyamuk, lampu merah di sirkuit juga tidak luput dari sasaran tuduhannya.

“Saya tidak tahu kenapa lampu merah di sini sangat lama. Biasanya, lampu merah sudah menyala ketika kami sampai di grid. Saya melakukan start terbaik sepanjang karier, tapi sayangnya itu ilegal. Jadi saya harus masuk pitstop untuk membayar penalti.”

Sempat berada di posisi paling buncit, Lorenzo berusaha keras pada balapan dini hari tadi. Lorenzo pun sukses meraih 6 poin setelah finis di posisi ke-10.

Torehan 6 poin adalah angka pertama yang diraih Lorenzo musim ini. Pada balapan pembuka di MotoGP Qatar, 23 Maret lalu, Lorenzo gagal finis setelah mengalami kecelakaan di lap 1.

Sementara sang juara Marquez sempat kaget saat melihat Lorenzo mencuri start dan memimpin kualifikasi Austin. Pasalnya, pebalap Spanyol itu tidak berada di tiga pole teratas.