Manchester City Kembali Berhadapan dengan Chelsea di Piala FA

Manchester City Kembali Berhadapan dengan Chelsea di Piala FADua minggu silam, Manchester City harus mengakui kekalahan dari Chelsea di ajang Premier League. Minggu (16/2) dini hari,Etihad Stadium kembali kedatangan tamu yang sama. Kali ini di ajang prestisius karena berfase knock out. Chelsea datang untuk berebut satu tempat di delapan besar Piala FA musim ini.

Ajang ini terbilang bergengsi, karena menjadi satu di antara trofi yang tengah dikejar mereka, selain Liga Champions dan Premiership.

Duel pemain di sisi tengah, seperti pada pertemuan dua pekan lalu, akan menjadi atraksi menarik. Gelangdang jangkar Manchester City sepertinya bakal menjadi tanggung jawab James Milner dan Yaya Toure, yang terhindar dari hukuman setelah sang kapten mengasari Ricky Van Wolfswinkel. Sementara Fernandinho diharapkan bisa sembuh tepat pada waktunya.

Fernandinho sedang di sorot. Pasalnya, secara mengejutkan namanya dimasukan pelatih timnas Brasil, Luiz Felipe Scolari, untuk laga persahabatan kontra Afrika Selatan.

Di pihak lawan, Nemanja Matic siap melakukan hal yang sama. Laga menhadapi City adalah tes, sebelum kami memutuskan skuat untuk ke liga Champions, kata Steve Holland, Asisten Pelatih Chelse.

James Milner, Yaya Toure ataupun Fernandinho bakal menghadapi tantangan berat. Pasalnya, Chelsea akan tetap menurunkan tim terbaik, meski mungkin dengan sistem merotasi pemain.

Sebagai gelandang jangkar, Fernandinho mengaku memiliki banyak pesaing yang bermain di Premier League. Selain Ramires, dia menyebut Lucas Leiva (Liverpool) dan Paulinho (Totenham Hotspur).

Menunjukkan penampilan bagus tidak hanya untuk mencuri perhatian dari Scolari. Fernandinho memang layak menunjukkan hal tersebut ketika melawan Chelsea. Peran Fernandinho dan juga James Milber sebagai jangkar tim semakin krusial karena Yaya Toure dipastikan absen akibat larangan tampil.

Selain itu, duo jangkar Manchester Biru harus tampil bagus untuk memastikan deretanj jangkar Chelsea tidak bisa leluasa memainkan bola. Meski belum tentu menjadi starter, namun performa Oscar, William, dan Eden Hazard bisa dibilang sedang on fire.

Ketiganya memiliki statistik yang cukup menyilaukan mata. Persentase umpas sukses Oscar musim ini mencapai 82,6 persen disusul Hazard 83,6 persen lalu William 84,1 persen.

Kinerja Oscar, Hazard dan William akan sangat terbantu dengan kehadiran Nemanja Matic sebagai gelandang jangkar. Selain kemampuan bertahan yang bagus, Matic memiliki kemampuan melepas umpan secara cepat.

Nemanja ibarat seekor laba-laba. Dengan Matic, saat ini kami memiliki solusi lebih untuk lini tengah kami, lini tengah yang kuat, kata Mourinho.

Kehadiran Matic akan sangat membantu rapuhnya lini pertahanan Chelsea. pada laga nanti kemungkinan besar The Blues tidak bisa diperkuat dua bek tengah utama, Jhon Terry dan Gary Cahill akibat cedera. Sebagai jangkar Matic akan sangat berfungsi untuk meredam agresif Manchester City yang perporos pada david Silva dan samir Nasri. Nama terakhir kemungkinan besar bisa kembali tampil setelah pulih dari cidera lutut yang membekapnya sejak januari lalu.

Kondisi saya jauh lebih baik. Saya sudah kembali berlatih bersama tim. saya pun sudah berlatih kebugaran. Besok (kamis waktu setempat) saya akan menjalani tes dan jika semuanya baik-baik saja, saya bisa bergabung kembali dengan tim.

Sosok Silva dan Nasri memang dapat menjadi momok bagi pertahanan Chelsea. Saat ini kedua pemain tersebut merupakan pemain dengan presentase umpan kunciterbanyak di antara pemain Manchester City. Persentase Nasri mencapai 90,4 persen, sedangkan Silva 89 persen.

Namun demikia, hal tersebut tidak membuat Matic tidak merasa takut untuk menghadapi The Citizem. Eks Benfica tersebut mengatakan manajer The Blues, Jose Mourinho telah memberikan persiapan khusus untuk menghadapi Manchester City.