MotoGP Valencia, Penentu Siapa Yang Akan Menjadi Runner Up

MotoGP Valencia Penentu, Siapa Yang Akan Menjadi Runner UpJika tahun lalu MotoGP Valencia jadi penentu gelar juara dunia, musim ini balapan penutup musim itu jadi arena pamungkas buat Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi memperebutkan status runner up. Siapa lebih unggul?

Minggu (9/11/2014) akhir pekan ini MotoGP akan sampai pada balapan terakhirnya di tahun 2014. Perebutan gelar juara sudah tuntas sejak di Jepang lalu, namun kompetisi masih akan sengit terkait persaingan memperebutkan posisi runner up.

Keberhasilan Rossi jadi juara di Phillip Island dan dilanjutkan dengan finis kedua di Sepang membuatnya kini dalam posisi lebih unggul. Pebalap berjuluk The Doctor itu memimpin 12 poin atas rekan satu timnya Jorge Lorezo.

Namun karena selisih poin yang sangat tipis, peluang keduanya untuk menjadi runner up musim ini masih terbuka sama lebar. Baik Lorenzo maupun Rossi juga masih harus mewaspadai keberadaan Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Meski sudah jadi juara dunia, Marquez masih punya target untuk melebih catatan Mick Doohan yang kini tercatat sebagai pebalap dengan jumlah kemenangan terbanyak dalam satu musim. Doohan pada 1997 sukses mengumpulkan 12 kemenangan seri, sama dengan yang dipunya Marquez saat ini.

Meski sudah terlempar dari persaingan memperebutkan posisi kedua, Dani Pedrosa juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Pedrosa adalah pebalap tersukses di MotoGP Valencia dengan total telah meraih enam kemenangan: tiga di MotoGP, dua di kelas 250cc dan satu pada kelas 125 cc.

Sejak era MotoGP mulai diperkenalkan tahun 2002, Honda menjadi tim paling sukses di Valencia dengan tujuh kemenangan diraih. Sementara Yamaha punya tiga kemenangan dan Ducati kebagian satu.