NBA Mencatat Rekor Baru, Pebasket Asing Terbanyak Sepanjang Sejarah NBA

NBA Mencatat Rekor Baru, Pebasket Asing Terbanyak Sepanjang Sejarah NBAKompetisi bola basket NBA 2014/2015 mencatatkan rekor baru di musim ini. Catatan 101 pebasket asing yang berkiprah di ajang itu, merupakan yang tertinggi di sepanjang sejarah NBA.

Catatan itu lebih banyak sembilan pemain dari musim lalu. Dua dari seluruh pemain baru itu berasal dari Kroasia, Bojan Bogdanivo (Brooklyn Nets) dan Damjan Rudez (Indiana Pacers).

Juara bertahan NBA –sekaligus peraih gelar juara tiga kali berurutan, San Antonio Spurs menjadi tim yang paling diperkuat oleh pemain asing. Minnesota Timberwolves dan Brooklyn Nets berada di urutan kedua dengan masing-masing enam orang pemain internasional.

Sementara itu, Kanada menjadi negara ‘pengekspor’ pebasket terbanyak dengan jumlah 12 orang. Australia ada di peringkat dua dengan catatan delapan pemain, disusul Brasil mempunyai tujuh wakil.

Jumlah pemain internasional yang berlaga di NBA ini melonjak lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan musim 2000/2001 dengan catatan 45 pemain, dan nyaris lima kali lipat jika dibandingkan dengan musim 1990/1991, yang cuma 21 orang.