Platini: Pengaturan Skor Bisa Merusak Sepakbola Dunia

Platini: Pengaturan Skor Bisa Merusak Sepakbola DuniaPresiden UEFA Michel Platini meminta siapapun yang terlibat dalam sepakbola untuk bersatu padu melawan match-fixing alias pengaturan skor. Menurutnya, pengaturan skor bisa mengakhiri nilai-nilai yang terkandung dalam sepakbola.

Pekan lalu, Inggris menjadi negara terakhir yang dituduh melakukan tindakan melanggar hokum itu setelah National Crime Agency (NCA) menginvestigasi dua orang yang dituduh melakukan pengaturan skor. Platini pun mengajak semua pihak untuk menghapuskan masalah ini dari sepakbola.

“Ini adalah masalah serius yang menyerang sepakbola. Jika sebuah laga sudah ditentukan hasilnya sebelum laga dimainkan, maka sepakbola akan berakhir. Kita semua, termasuk pers, harus menekan kasus-kasus semacam ini,” ungkap Platini kepada AS.

“Rasisme adalah kasus yang berbeda karena merupakan sesuatu yang berasal dari luar yang termanifestasikan di dalam stadion. Tapi pengaturan skor adalah sesuatu yang lahir dari sepakbola, mengorupsi dari dalam,” tambah eks playmaker Juventus dan Prancis ini.