PSSI Berencana Berangkatkan Timnas U-19 Ke Eropa

PSSI Berencana Berangkatkan Timnas U-19 Ke EropaBadan Tim Nasional (BTN) dan PSSI memiliki rencana untuk memberangkatkan timnas U-19 ke sebuah turnamen dan ujicoba di luar negeri. Ada dua opsi yang dicanangkan, yaitu mengirimkan timnas U-19 ke turnamen Vietnam atau ujicoba di Inggris dan Spanyol.

Sekjen PSSI Joko Driyono mengatakan, rencana mengirim Evan Dimas dkk. ujicoba ke Eropa muncul sejak timnas U-19 gagal tampil di turnamen COTIF di Valencia. Pada akhirnya, PSSI memilih mengirim timnas U-19 ke turnamen Hassanal Bolkiah Trophy di Brunei, namun hasilnya kurang memuaskan.

“Ya, pasti ada rencana untuk ujicoba lagi,” ucap Joko di Senayan, Jakarta, Jumat (22/8).

“Namun semua opsi ini masih di hadapan BTN. Persiapan akan dilakukan pada periode saat ini hingga akhir September,” lanjutnya.

“Yang kedua adalah mengirim mereka ke Eropa, yaitu ke Inggris dan Spanyol. Sebenarnya banyak pilihan. Tapi, semua harus dikembalikan kepada pelatih. Rencana awal sih memang fase akhir ada di Vietnam. Semua akan diputuskan pada 24 Agustus besok.”

Setelah tampil kurang baik di turnamen HBT, tim HPU (High Performance Unit) BTN telah menggelar evaluasi bersama tim pelatih serta sejumlah panelis. Salah satu hasilnya, timnas U-19 diminta untuk memodifikasi permainan agar tidak mudah terbaca lawan.

Para pemain timnas U-19 sendiri saat ini tengah diliburkan dan akan mulai menjalani pemusatan latihan kembali pada 24-26 Agustus di Yogyakarta.