Ronaldo Tiada, Portugal Tak Berdaya

Ronaldo Tiada, Portugal Tak BerdayaBrasil meraih kemenangan meyakinkan 3-1 atas Portugal dalam laga persahabatan yang digelar pagi ini (11/09) di Gillette Stadium, Massachusetts, Amerika Serikat.

Gol-gol Brasil melalui sumbangan Thiago Silva, Neymar, dan Jo hanya mampu dibalas satu oleh Portugal melalui Raul Meireles.

Brasil turun tanpa diperkuat oleh sejumlah pemain inti seperti Dani Alves, Hulk, dan juga Marcelo. Sementara Portugal kehilangan kapten sekaligus sumber gol utama mereka, Cristiano Ronaldo.

Meskipun hanya berstatus laga persahabatan, nemun kedua tim memulai laga dalam tensi tinggu. Tercatat dua kartu kuning sudah melayang dari saku wasit di sepuluh menit pertama untuk Joao Pereira dan Neymar.

Pasukan Paulo Bento akhirnya unggul terlebih dahulu di menit ke 18. Memanfaatkan backpass sembrono dari Maicon, Meireles dengan tenang berhasil mengelabui penjaga gawang Julio Cesar.

Brasil bereaksi cepat usai tertinggal. Sundulan terarah kapten Thiago Silva berhasil menyamakan kedudukan memanfaatkan tendangan sudut dari Neymar di menit ke 24.

Neymar sempat mendapatkan perawatan beberapa saat setelah berbenturan dengan Bruno Alves. Namun begitu bangkit, striker Barcelona ini langsung membawa Brasil berbalik unggul 2-1 usai melakukan solo run yang menembus pertahanan Portugal di menit ke 34.

Tak ada peluang berbahaya lainnya yang terjadi di sisa babak pertama, Brasil tetap unggul 2-1 pada saat turun minum.

Pasukan Luiz Felipe Scolari langsung tancap gas di babak kedua. Hanya butuh empat menit bagi mereka untuk mencetak gol ketiga melalui kaki Jo. Striker Atletico Mineiro tersebut menyambar umpan matang dari Maxwell.

Usai gol tersebut, kedua tim mulai menurunkan tempo permainan dan melakukan banyak pergantian untuk menjajal penampilan para pemain pelapis.

Alhasil tak banyak peluang tercipta di sisa pertandingan. Portugal masih kesulitan menemukan cara untuk menembus pertahanan lawan, sedangkan Brasil telah mengendurkan tekanan dan bermain aman. Skor 3-1 bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan pemain kedua tim

Brazil: Julio Cesar (GK), Luiz, Maxwell, Maicon, Silva, Ramires (Oscar 60), Gustavo, Paulinho (Henrique 83), Bernard (Hernanes 68), Jo (Pato 76), Neymar (Lucas 89)

Portugal: Rui Patricio (GK), Bruno Alves, Pepe (Neto 46), Coentrao (Antunes 54), Pereira (Postiga 70), Moutinho (Amorim 60), Veloso, Vieirinha (Lica 84), Meireles, Nani, Oliveira