Sebastian Vettel Membuat Dua Rekor Baru Di GP Brasil

Sebastian Vettel Membuat Dua Rekor Baru Di GP Brasil Sebastian Vettel tak berhenti meraih kemenangan di balapan F1 musim ini. Yang terakhir dia dapat di GP Brasil pun menorehkan dua rekor baru buat sang juara dunia.

Vettel sudah mengunci gelar juara dunia 2013 sejak balapan di India, atau ketika musim masih menyisakan empat race lagi. Itu menjadi titel juara dunia keempat secara beruntun yang dimenangi driver asal Jerman itu.

Meski sudah menjadi juara dunia, Vettel tak mengendurkan daya saingnya di balapan-balapan tersisa. Alhasil dia tetap memenangi race di Abu Dhabi, Amerika Serikat dan Brasil. Atas kemenangan-kemenangan yang diraihnya tersebut, Vettel juga menorehkan rekor-rekor baru.

Dikutip dari Reuters, podium teratas di Brasil merupakan kemenangan kesembilannya secara beruntun. Sebuah rentetan yang sudah dimulai sejak dia menjejak podium teratas GP Belgia pada 25 Agustus lalu. Berturut-turut dia kemudian menjuarai seri di Italia, Singapura, Korea Selatan, Jepang, India, Abu Dhabi, Amerika Serikat dan Brasil pada dinihari ini.

Vettel pun menjadi pebalap kedua sepanjang sejarah F1 yang bisa meraih sembilan kemenangan beruntun. Driver pertama yang berhasil melakukannya adalah Alberto Ascari, yang meraih sembilan kemenangan beruntun pada musim 1952 dan dilanjutkan di musim 1953.

Rekor lain yang berhasil dicatatkan Vettel adalah terkait jumlah kemenangan yang didapat di sepanjang musim ini. Dari 19 balapan yang digelar, 13 di antaranya berhasil dia menangi.

Sebelumnya cuma ada satu pebalap yang bisa meraih 13 kemenangan dalam satu musim. Dia adalah Michael Schumacher saat memperkuat Ferrari di musim 2004.