Tokyo Terpilih Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2020

Tokyo Terpilih Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2020Tokyo akhirnya memenangi persaingan menjadi tuan rumah Olimpiade 2020. Ibukota Jepang ini mengalahkan Istanbul (Turki) di putaran terakhir pemungutan suara, pada rapat International Olympic Commitee (IOC) di Buenos Aires, Argentina, Sabtu (7/9/2013).

Sebelum ini, Tokyo sudah pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas pada 1964. Jepang juga pernah jadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin, di Nagano pada 1998. Tokyo mencalonkan diri untuk kali keempat, dengan dua kali gagal pada 1960 dan 2016.

Tokyo sempat diragukan bisa memenangi persaingan melawan Istanbul dan Madrid, dengan pertimbangan alasan keamanan. Tetapi, para delegasi yang dipimpin Princess Takamado, berhasil meyakinkan banyak anggota IOC, bahwa Jepang kini dalam kondisi aman dan stabil untuk menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di dunia tersebut.

Presentasi perwakilan Tokyo sangat emosional dan berhasil memikat banyak suara, yang membuat Madrid langsung tersingkir pada putaran pertama pemungutan suara. Madrid mencalonkan diri untuk kali ketiga secara berturut-turut.

Sementara bagi Istanbul, ini adalah kali kelima mereka mengajukan diri sebagai tuan rumah, tapi selalu gagal. Sebelumnya mereka mencalonkan diri pada 2000, 2004, 2008, dan 2012.