Tradisi Gol Eto’o

Tradisi Gol Eto'oTradisi gol Eto’o di kandang akan di uji saat melawat Newcastle United pada pekan ke-25 Premier League di Stamford Bridge sabtu (8/2). Bomber Kamerun berusia 32 tahun ini menerima pinangan Chelsea pada musim panas lalu. Dia rela gajinya yang selangit di Anzhi Makhachkala dipangkas demi mendapatkan kontrak setahun membela The Blues.

Keputusan itu diambil semata-mata demi memuaskan nalurinya sebagai pesepakbola. Baginya tidak ada yang bisa mengalahkan kenikmatan bermain di bawah arahan manajer sekelas Jose Mourinho. Pria kamerun tersebut tidak sanggup menolak tawaran dari Chelsea karena ingin bersama dengan Mourinho yang pernah mengasuhnya sewaktu di Internazionale.

Mourinho memengaruhi keputusan saya sekitar 80% karena saya pernah bekerja bersama saya di Inter. Dia pernah mempersilahkan saya membuat suatu keputusan bagus pada musim panas 2009. Semuanya berjalan baik, kami memiliki tim hebat dan kami memenangkan segalanya.

Selain faktor Mourinho, Eto’o rupanya bergabung dengan Chelsea untuk melengkapi koleksi trofi juara. Sewaktu berkarir di Spanyol dan Italia, Eto’o sudah pernah meraih berbagai gelar. Kariernya akan lengkap jika mampu meraih gelar juara di Inggris bersama Chelsea.

Peluang Eto’o untuk mengantarkan Chelsea menjuarai Premier League terbuka lebar. Saat ini Chelsea berada di peringkat ketiga di bawah Arsenal dan Manchester City dengan perbedaan angka yang tipis.

Jarak Chelsea dengan Arsenal yang berada di posisi teratas hanya terpaut dua angka. Koleksi 53 angka Chelsea pun sama dengan yang dikumpulkan Manchester City.

Jadwal bermain ketiga tim pada pekan ke-25 hampir bersamaan karena digelar pada hari yang sama. Oleh karena itu, demi menjaga peluang Chelsea harus menjaga kemenangan. Jika Arsenal dan Manchester City tumbang dari lawan masing-masing, maka Chelsea bisa merebut posisi puncak klasemen sementara jika mengalahkan Newcastle United.

Selain faktor ketajaman Eto’o The Blues juga mengantongi modal yang luar biasa untuk menjamu The Magies. Chelsea belum pernah menelan kekalahan dari 72 laga Premier League di kandang dengan Jose Mourinho di kursi pelatih.

Namun demikian, pada pertemuan pertama musim ini, skuat asuhan Alan Pardew sanggup menumbangkan Chelsea dengan skor 2-0 di St. James Park. The Magpies pun menang tiga kali dan sekali kalah dari empat pertemuan terakhir di Premier League dengan Chelsea. Newcastle juga dua kali menahan imbang Chelsea dari empat pertandingan terakhir ke Stamford Bridge, sisanya sekali kalah dan sekali menang.