Vettel : Aksi Hamilton Itu Sebagai Tindakan Bodoh

Vettel : Aksi Hamilton Itu Sebagai Tindakan BodohDalam posisi tertinggal satu lap, Lewis Hamilton berhasil mendahului Sebastian Vettel yang tengah berada di posisi kedua. Aksi Hamilton itu disebut Vettel sebagai tindakan bodoh.

Hamilton terlempar ke luar posisi 20 besar akibat pecah ban yang dialami di awal balapan. Kondisi tersebut membuat pembalap McLaren Mercedes itu seperti ‘dilupakan’ di GP Jerman, Minggu (22/7/2012) malam WIB.

Namun selepas lap 30 Hamilton tiba-tiba muncul ‘merecoki’ duel Fernando Alonso dan Vettel yang tengah sengit berebut posisi terdepan. Hamilton berada di belakang dua pembalap tersebut setelah dia menjalani pit stop keduanya.

Dengan ban baru, Hamilton punya kecepatan lebih baik dibanding Vettel. Di lap 35, Hamilton, yang sedang berada di posisi 17, akhirnya menyalip Vettel, yang tengah duduk di posisi kedua. Aksi Hamilton tak tuntas sampai di situ karena dia kemudian juga mendahului Alonso.

Yang membuat Vettel kesal dengan Hamilton terkait kejadian tersebut adalah tudingan kalau pembalap Inggris sengaja menahan laju dirinya. Hal mana membuat Jenson Button bisa merapatkan jarak di posisi tiga. Dengan sudah tertinggal satu putaran, Hamilton disebut tak seharusnya menyalip dirinya.

“Itu bukan hal baik yang dilakukan Lewis. Saya tidak tahu kenapa dia membalap kami. Jika dia ingin ngebut dia harusnya mundur dan mencari jarak. Itu bodoh karena dia dalam posisi tertinggal satu lap,” seru Vettel di Autosport.

“Jika Anda cukup cepat dan tak punya kesempatan memenangi balapan, Anda harusnya menghormati kondisi itu dan menggunakan akal sehat. Saya tak menduga dia akan menyalip saya karena saya tidak melihat itu ada gunanya, dan saya benar-benar terkejut saat dia tiba-tiba ada di samping saya,” lanjut Vettel.

Hambatan yang dilakukan Hamilton kemudian membuat Vettel kehilangan posisi dua setelah dia masuk pit stop. Pembalap tuan rumah itu disalip Button tepat di pintu keluar pit.

Vettel kemudian memang bisa merebut kembali urutan dua, namun dia dianggap melanggar aturan saat melakumannya. Alih-alih duduk di posisi dua, Vettel malah dapat sanksi 20 detik dan akhirnya turun ke posisi lima.

“Saya pikir (Hamilton) membuat kami kehilangan posisi (dua) yang diambil Button tak lama setelah kami masuk pit,” lanjut Vettel.