Xavi, Messi dan Ronaldo Bersaing Meraih Penghargaan Pemain Terbaik

Xavi, Messi dan Ronaldo Bersaing Meraih Penghargaan Pemain TerbaikPenghargaan Pemain Terbaik UEFA di Eropa itu sebelumnya dikenal dengan nama penghargaan UEFA Club Footballer of the Year, yang tahun lalu dimenangi penyerang Inter Milan Diego Milito. Ronaldo (2008) dan Messi (2009) juga pernah memenanginya.

Penghargaan yang baru ini sendiri, yang lahir berkat kerjasama dengan European Sports Media (ESM), akan mendapuk pemain terbaik, terlepas dari kewarganegaraannya, yang bermain untuk sebuah klub di wilayah anggota UEFA sepanjang musim sebelumnya.

Sebanyak 53 orang jurnalis olahraga yang mewakili masing-masing asosiasi anggota UEFA sudah memangkas daftar panjang nama-nama pemain, untuk mendapatkan tiga nama teratas. Dari sinilah nama Xavi dan Messi yang membela klub Barcelona, dan Ronaldo yang bintang Real Madrid, akhirnya muncul.

Xavi, Messi dan Ronaldo kini akan maju ke pengumpulan suara penentu di Monako pada 25 Agustus depan, bertepatan dengan pengundian fase grup Liga Champions. Ke-53 jurnalis sebelumnya kembali akan menentukan pilihan dari ketiga pemain tersebut.

Kalau posisi satu sampai tiga nanti masih akan diperebutkan oleh Xavi, Messi dan Ronaldo, posisi tiga sampai sepuluh sendiri sudah tersusun, sebaimana dilansir situs resmi UEFA:

4 Andrés Iniesta (SPA) – FC Barcelona (33 poin)
5 Falcao (KOL) – FC Porto (17)
6 Wayne Rooney (ING) – Manchester United FC (15)
7 Nemanja Vidić (SRB) – Manchester United FC (5)
8 Zlatan Ibrahimović (SWE) – AC Milan (4)
Gerard Piqué (SPA) – FC Barcelona (4)
10 Manuel Neuer (JER) – FC Schalke 04* (3)
* kini telah bergabung dengan FC Bayern Munich